D'espairsray adalah band visual kei rock Jepang yang di bentuk tahun 1999 dan bubar pada tahun 2011. Dengan member Hizumi pada vokal, Karyu pada gitar, Zero pada bass dan Tsukasa di drum. Band ini telah merilis 4 album, 14 singel dan 2 EPs. Selain di Jepang, D'espairsRay juga telah melakukan tur Eropa dan Amerika Utara, dan memiliki rilis domestik di wilayah-wilayah.
Mereka tampil di festival Wacken Open Air pada tahun 2006, dengan membawakan beberapa singel dan album ke 2 yang berjudul "Mirror" yg di rilis pada 11 April 2007. Mereka juga membawakannya pada konser J-Rock Evolution 2007 yg di selenggarakan di Los Angeles, California.

Pada tahun 2008 mereka tampil di Taste of Chaos waktu tur di Amerika Serikat. Pada tanggal 11 Maret 2009, mereka merilis album ketiga yaitu Redeemer. Pada tanggal 29 Desember mereka merilis "Best of" album kompilasi yaitu Immortal, serta Live DVD baru dari acara ulang tahun mereka di Shibuya CC Lemon Hall. Pada musim panas tahun 2010, band ini telah tur dunia yg diberi judul "Human-Clad Monster" di mana mereka tampil di Jepang, AS, dan Eropa.. Setelah pertunjukan terakhir dari tur, pada 30 Desember, band ini melanjutkan hiatus sehingga Hizumi bisa pulih dari kondisi sakit tenggorokan. Namun, pada tanggal 15 Juni 2011 D'espairsRay mengumumkan bahwa mereka tidak punya pilihan selain untuk bubar, karena kesehatan Hizumi yang tidak memperlihatkan kemajuan.

Sejarah 

1999-2001: Awal karir

D'espairsRay dibentuk pada 9 September, 1999 oleh Hizumi (ex-Le'veil), Karyu (ex-Dieur Mind), Zero dan Tsukasa (ex-Le'veil). Mereka merilis demo pertama mereka, "Ao" pada bulan Desember tahun itu.
 
Tahun 2000 dimulai dengan merilis dua demo, dan selama sisa tahun mereka mendapatkan popularitas, akhirnya mengarah ke rilis maxi-single mereka di bulan Oktober, "Kumo". Dengan hanya 1000 eksemplar ditekan, CD terjual habis dalam waktu singkat.

Pada April 2001, mereka merilis kedua maxi-single, "Genwaku", bersama dengan pers kedua pertama maxi single-mereka. Karena "Genwaku" telah terjual habis melalui web-pemesanan, tekan kedua dirilis hari yang sama dengan rilis pers pertama. Hal ini diikuti dengan rilis EP pertama mereka, Terrors, pada bulan Juli. Popularitas mereka meningkat setelah rilis album ini dan mereka mulai bergerak keluar dari managemen lokal.

2002-2004:  jalan menuju sukses
Menyusul keberhasilan mereka rilis sebelumnya, D'espairsRay ingin memberikan fans mereka melihat orang dalam ke dalam musik mereka, sehingga mereka merilis demotape terakhir mereka, "Ura Mania Theatre", yang dijual di beberapa toko saja. Setelah ini mereka merilis EP kedua mereka, Binatang seksual pada bulan Juni 2002, bersama dengan pers kedua EP pertama mereka. Sekali lagi CD telah terjual habis, jadi lain 2000 salinan EP kedua mereka yang ditekan pada bulan Juli.

Pada akhir tahun 2002, mereka merilis single lain, berjudul "Ori no Naka de Miru Yume", yang datang dalam dua edisi: edisi regular dan edisi khusus dengan bonus lagu oleh alter ego-band mereka "Animalmania", yang hanya tersedia melalui web-pemesanan.

Pada bulan Januari 2003, mereka memberi sebuah "CD rahasia" berjudul "Itanji", dengan lagu yang tidak disebutkan namanya, kepada orang-orang yang menghadiri salah satu dari kehidupan mereka. Lagu ini kemudian akan berganti nama menjadi "Maverick", yang juga mereka berikutnya maxi-single, dirilis pada bulan Februari. CD ini diterbitkan kembali tahun Maret karena penjualan yang tinggi. Pada akhir tahun 2003, namun satu lagi dirilis, disebut "Garnet".

Pada bulan April 2004, band ini merilis EP ketiga mereka, Born. Ini fitur DVD dengan video untuk "Garnet" lagu. Pada bulan Juli, pers kedua album ini dirilis, tapi tanpa DVD. Dua bulan kemudian, mereka merilis maxi-single, yang disebut "Gemini". Edisi terbatas CD datang dengan sebuah DVD dengan video untuk lagu "Born". Pada tahun 2004 mereka juga bermain di luar Jepang untuk pertama kalinya, di Berlin dan Paris, mendapatkan mereka beberapa fans internasional. Footage untuk DVD live pertama mereka juga ditembak pada akhir tahun 2004.
 

2005: Coll: set
2005 dimulai dengan rilis pertama mereka DVD live, Murder Day Live. Sebuah video untuk lagu "Reddish: Diva Version" dimasukkan sebagai bonus. Segera setelah itu, mereka merilis pertama mereka full-length album, Coll: set. Ini berisi dua lagu dirilis sebelumnya, "Fuyuu Shita Risou" dan "Garnet", yang tidak pada edisi terbatas awal album. Maxi-single "Garnet" diterbitkan kembali untuk promosi album mereka akhir tahun itu. 

2006–2008: Going international & Mirror

Pada tahun 2006, mereka pergi internasional dengan rilis Eropa Coll: ditetapkan pada bulan Januari. 2006 juga menandai awal karir internasional mereka, karena mereka mulai tur di Eropa dan Amerika Serikat sesudahnya. Sebuah film dokumenter-DVD dirilis pada bulan Maret, dengan judul The World Outside the Cage(sebagai referensi untuk lagu mereka "The World in a Cage"), dengan cuplikan dari tur terakhir mereka. Segera setelah itu, mereka merilis single lain, "Kogoeru Yoru ni Saita Hana". Pada akhir tahun 2006, mereka merilis DVD kedua mereka , Liquidize, yang juga akan dirilis di Eropa pada tahun 2007. Memulai tahun 2007 dengan rilis terbaru maxi single-mereka, "Squall", pada bulan Maret. Satu bulan kemudian, mereka merilis kedua mereka full-length album, Mirror, yang juga dirilis di Eropa pada bulan Juni. Tahun berakhir dengan merilis DVD live lagi, Spiral Staircase # 15, dengan footage dari tur terbaru mereka. DVD ini juga dirilis di Eropa pada bulan Januari 2008.
Pada tahun 2008, D'espairsRay berpartisipasi dalam Taste of Chaos Tour 2008 tur, bersama dengan sesama band Mucc Jepang dan bawahnya. Pada tanggal 4 Mei mereka tampil di puncak peringatan hide di Ajinomoto Stadium, bersama dengan band seperti X Japan, Luna Sea, Maximum Hormon dan Marbell. Mirror album mereka dirilis di Amerika Serikat, dan single baru mereka "Brilliant "dirilis pada tanggal 14 Mei 2008.

2008–2010: Redeemer, Immortal & Monsters 
Sebuah single baru berjudul "Kamikaze" dirilis 6 Agustus diikuti oleh "88-99" tur mereka ulang di Jepang. Band ini mengumumkan tur musim dingin dan rilis baru berjudul "Horizon", yang dirilis 3 Desember. Selama bulan yang sama, D'espairsRay juga mengumumkan album baru berjudul Redeemer, melelui Delicious Deli Records, di bawah label Universal Music Japan. [8] Tanggal rilis pertama dilaporkan adalah Maret 2009 4m, namun tanggal itu diundur satu minggu, dan dirilis 11 Maret. Band ini memulai tur nasional Jepang dalam promosi album Redeemer bernama "Parade Psychedelic", dan kemudian pada bulan Juli saudara Eropa, "Parade Psychedelic di Eropa" mulai, tur yang termasuk sering berhenti beberapa di tujuh negara yang berbeda.
They were set to release their first "best of" compilation album, Immortal, and a live DVD of their Shibuya C.C. Lemon Hall performance on December 16, but the release date was pushed back to December 29. Immortal was then released in the United States on April 20, 2010 through Maru Music. During January 2010, the band began recording for a new single. At an instore event during this month, Karyu and Zero briefly and ambiguously told fans that the single would be "dance style". The new single was titled "Love Is Dead" and was released on April 14, 2010.
The band's fourth full-length album entitled Monsters was released in Japan on July 28, 2010. Just five days after the album was out, D'espairsRay began their "Human-Clad Monsters World Tour" starting in Los Angeles, California on August 3.

2010–2011: Hiatus and disbandment

On September 20, 2010 D'espairsRay announced on their Facebook page that they would be going on an indefinite hiatus following the conclusion of the "D'espairsRay World Tour 2010 "Human-clad Monsters"". This was due to Hizumi having a rare throat condition which he has suffered with for some time. Although he has undergone treatment for it in the past, he has not been able to find a permanent fix. The band mentioned that the first half of the year was to be focused on Hizumi's recovering, and it was said that Karyu would be writing songs during this time.
The band's last show of the world tour (and last show ever) was held on December 30, 2010. They released a live DVD of said show, titled Human-Clad Monsters Final, on March 30, 2011, along with a compilation album titled Antique. The album features 17 B-Sides, the limited edition contained a DVD with every music video the band has made, from "Garnet" to "Death Point".
On June 15, 2011, it was announced that due to Hizumi's health having no recovery in sight, D'espairsRay had no choice but to disband. There was no farewell concert or tour. The band posted the following note on their official Facebook page on Wednesday, June 15, 2011 at 5:02am:
Thank you for your continued support of D'espairsRay. Due to Hizumi's throat troubles, we had decided to take a hiatus immediately following our show at Yokohama Blitz on 30 Dec. 2010. However, after further discussions amongst the four members, we have decided to disband as of 15 June 2011 and cease all activities under the name D'espairsRay. To our loving fans and supportive staff members, who have followed us diligently from our founding on 9 Sept. 1999 until now, we deeply apologize for such a sudden and troubling announcement. All four members are deeply thankful, from the bottom of our hearts, for your enthusiastic support and encouragement. Thank you, D'espairsRay: Hizumi, Karyu, Zero, Tsukasa.

 

Post a Comment

.
.
 
Top